[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Senin, 23 November 2009

TIPS MEMBELI NOTEBOOK ATAU LAPTOP


TIPS MEMBELI NOTEBOOK ATAU LAPTOP


Memiliki sebuah laptop bukan lagi sebuah impian yang sulit terwujud jika dahulu laptop masih merupakan barang mewah dan bagian dari gaya hidup, saat ini memiliki sebuah laptop sudah menjadi suatu kebutuhan.

Fenomena ini cepat dibaca oleh produsen laptop. Mereka membanjiri pasar dengan berbagai tipe laptop berikut harga yang makin terjangkau. Disatu sisi hal ini sangat menguntungkan kita sebagai konsumen sebab kita diberikan keleluasaan memilih laptop sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kita.


Berikut 2 langkah yang bisa dijadikan pegangan sebelum membeli sebuah laptop.

Langkah 1 : Tentukan Tujuan dan Kebutuhan.

Tanyakan pada diri anda, jika anda ingin membeli laptop, akan digunakan untuk apa laptop tersebut. Apakah digunakan untuk pekerjaan kantoran, mengerjakan tugas-tugas sekolah, sekedar untuk browsing dan ber-email-an, diberikan untuk anak anda yang baru kenal komputer, atau dipergunakan untuk bermain game terbaru ?

Misalnya jika anda ingin menggunakan laptop untuk bermain game 3D terbaru maka anda memerlukan laptop dengan kemampuan kartu grafis yang memadai. Saat membeli, anda bisa meminta penjaga toko untuk mencarikan laptop dengan memori kartu grafis minimal 128 MB berikut segala kemampuannya. Jangan membeli laptop dengan kartugrafis yang ‘ on board ‘ meskipun dari segi spesifikasi cukup menggiurkan, sebab kemampuan kartu grafis ‘ on board ‘ jauh dibawah kartu grafis yang add on. Semakin wah kartu grafis yang terpasang maka akan semakin mahal laptop tersebut sehingga anda harus mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Nah setelah anda menetukan apakah laptop akan digunakan untuk bermain game atau bukan, maka selanjutnya anda harus memikirkan program apa saja yang akan anda jalankan pada laptop tersebut. Hal ini penting untuk menetukan kemampuan prosesor dan RAM dari laptop yang akan anda miliki. Ada baiknya anda membaca spesifikasi minimal laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan program yang anda gunakan.


Langkah 2 : Pemilihan Perangkat Keras.

Langkah ini merupakan langkah terpenting dari keinginan anda membeli sebuah laptop. Pada langkah ini anda diharapkan mampu memutuskan seberapa cepat sistem laptop yang anda inginkan. Mengapa hal ini penting, sebab jika anda salah dalam menentukan pilihan maka anda tidak akan bisa mengganti jeroan laptop yang sudah anda beli.


Berikut beberapa jeroan laptop yang perlu anda perhatikan :

1. CPU. Prosesor atau CPU akan menentukan seberapa cepat sistem anda bekerja dalam mengeksekusi suatu program.

2. Memori ( RAM ). Perangkat keras ini bertugas untuk menyimpan data sementara dari program yang sedang berjalan.

3. Hard Drive ( Media Penyimpan ). Perangkat keras ini berfungsi untuk menyimpan data dalam waktu yang lama. Performa laptop tidak akan terlalu terpengaruh oleh besarnya kapasitas HDD.

WIFi juga bisa bahan pertimbangan mengingat bertebarnya hotspot gratis untuk berselancar didunia maya.

Perhatian :

Selalu memperhatikan garansi yang ditawarkan penjual. Jangan takut untuk berprilaku cerewet dalam masalah ini sebab laptop merupakan barang mahal yang rentan akan kerusakan sehingga anda bisa tetap aman menggunakannya. Perhatikan jenis tanggungan garansi, apa saja yang ditanggung berikut segala kondisi yang menjadi tanggungan garansi.


( Sumber :Majalah Media 9 )


BACA ARTIKEL :

TIPS LEPAS DARI KRISIS
TIPS MEMBUAT TAB MENU
TIPS INTERVIEW PEKERJAAN
TIPS MEMANDIKAN BAYI






1 komentar:

Black mengatakan...

Good info Sob, bisa jadi bahan pertimbangan buat beli laptop besok nih, tp kapan ya bisa beli laptop? Gak ada budget nih :)

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut