[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Rabu, 04 November 2009

BAHAYA ZAT RODAMIN B


BAHAYA ZAT RODAMIN B

Sebagaimana postingan Golden Info tentang Apa itu Boraks dan Asam Borat, zat Rodamin B sering juga digunakan pada makanan. Jadi apakah Rodamin B itu ? Rodamin B merupakan zat warna sintetis berbentuk serbuk kristal, tidak berbau, berwarna merah keunguan, dalam larutan berwarna merah terang berpendar ( berflourescensi ).


Dipasaran Rodamin B mempunyai banyak nama, apa nama lain dari Rodamin B tersebut. Nama lain atau sinonim atau nama dagang dari Rodamin B, antara lain :

  • Tetra ethy rhodamin
  • Rheonine B
  • D & C Red No.19
  • C.I Basic Violet 10
  • C. I No. 45179

Penggunaannya untuk apa ? Rodamin B sering digunakan sebagai zat warna untuk kertas, tekstil dan sebagai reagensia untuk pengujian Antimon, Cobalt, Bimuth dan lain-lain.

Rodamin B “ DILARANG DIGUNAKAN DALAM OBAT, MAKANAN, DAN KOSMETIK “ . Hal ini sesuai dengan Permenkes No.239/Menkes/Per/V/85 tentang Zat Warna Tertentu yang dinyatakan sebagai Bahan Berbahaya. Rodamin B seringkali disalahgunakan untuk pewrna pangan dan kosmetik, misalnya : sirup, lipstik, dll.

Pewarna makanan/minuman untuk warna merah disarankan memakai pewarna alam atau pewarna sintetik yang aman sesuai dengan Permenkes No.722/Menkes/Per/88 tentang Bahan Tambahan Makanan, Contoh : Karmin, Merah Allura.

Apa Bahaya utama Rodamin B terhadap kesehatan ? Paparan Rodamin B dalam waktu yang lama ( kronis ) dapat menyebabkan gangguan fungsi hati / kanker hati.

Apa tanda dan gejala akut bila terpapar Rodamin B tersebut ?

 Jika terhirup dapat menimbulkan iritasi pada saluran pernafasan
 Jika terkena kulit dapat menimbulkan iritasi pada kulit
 Jika terkena mata dapat menimbulkan iritasi pada mata, mata kemerahan, udem pada kelopak mata
 Jika tertelan dapat menimbulkan iritasi pada saluran pencernaan dan menimbulkan gejala keracunan dan air seni berwarna merah atau merah muda.


BACA JUGA ARTIKEL :
FAKTOR PERKEMBANGAN BAYI

KIAT MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN SEKSUAL

TIPS MEMANDIKAN BAYI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut