[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Senin, 03 Agustus 2009

TIPS INTERVIEW PEKERJAAN



TIPS WAWANCARA PEKERJAAN

Ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya CARA CEPAT DIPANGGIL KERJA. Adapun langkah kedua dalam mendapatkan pekerjaan adalah bertemu dengan pekerja potensial untuk diwawancarai. Langkah pertama seorang pekerja / pelamar yang telah sukses melengkapi lamaran yang dikirim dan melewati proses penyaringan oleh perusahaan.


Bagi Pekerja yang telah lolos melewati langkah pertama, boleh berbangga karena anda salah satu dari sekian orang yang terbaik menurut perusahaan yang anda lamar. Untuk melengkapi kesuksesan langkah pertama, disini diberikan tips langkah kedua dalam panggilan wawancara ( Interview ) oleh perusahaan :

1. Sebelum berangkat suatu panggilan wawancara, sebaiknya melakukan beberapa penelitian ( research ) terhadap perusahaan tersebut.

2. Satu hari sebelum diwawancarai anda jangan tidur larut malam ( bagadang ), sebab akan kelihatan lusuh besok harinya.

3. Ketika anda datang ke wawancara sebaiknya datang ½ jam sebelum acara wawancara tersebut. Hal ini menunjukkan calon pekerja adalah seorang tepat waktu.

4. Cobalah lakukan performance terbaik dalam penampilan yakini dlama hal kebersihan pakaian dan fisik anda ( sebagai contoh kuku anda tidak panjang dan jorok ).

5. Apabila anda dipanggil dalam suatu ruangan, sebelum masuk anda ketuk terlebih dahulu pintunya, ini menunjukkan anda mempunyai etika. Dan selanjutnya anda tersenyum dan berjabat tangan dengan pewancara / pihak perusahaan.

6. Tentu selama wawancara, anda harus mendengarkan dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan kepada anda. Jangan biasakan untuk bertanya kembali apa yang telah ditanyakn pewancara.

7. Untuk menjual diri anda, jawablah setiap pertanyaan dengan percaya diri dan sunguh-sungguh seolah-olah anda ssangat berminat bekerja di perusahaan tersebut.

8. Mungkin ini salah satu trik yang jarang dilakukan pelamar yakni jadilah anda “ orang yang sok pinter “. Artinya tunjukkan bahasa tubuh anda bahwa anda memang orang yang pintar dan menguasai apa yang anda lamar. Meskipun anda orang berkualitas standar tidak ada salahnya melakukannya, setelah diterima baru anda banyak belajar bahwa mereka memang tidak salah memilih anda.

9. Sebelum anda akan keluar ruangan untuk pulang, Anda harus mengucapkan terima kasih kepada pewancara kareana telah memanggil anda untuk proses interview.

Dari pengalaman saya mewancarai dan diwawancarai dalam panggilan kerja, proses senjutnya akan terhenti apabila tidak ada kesepakatan negosiasi salary ( gaji). Bagi anda yang baru tamat pendidikan ( fresh graduate ), apabila salary yang ditawarkan masih standart kehidupan anda tinggal atau standard didaerah perusahaan tersebut, saya saran kan saja untuk diterima. Jangan berpikiran gaji diatas rata-rata, sebab sering saya temui fresh graduate minta gaji diatas rata-rata padahal mereka belum menguasai medan kerja ( job practice ). Selamat Berjuang, Go Success !!



BACA JUGA ARTIKEL :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut