[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Kamis, 05 November 2009

ARTI SEBUAH NAMA


ARTI SEBUAH NAMA


Pemberian nama kelahiran anak adalah hak seorang bayi khususnya mendapatkan nama yang baik dan tepat dari kedua orangtuanya. Ketika memilih sebuah nama seorang bayi, orangtua harus menyadari dan memilki keyakinan bahwa pemilihan nama itu akan membawa barokah bagi kehidupan anaknya di kemudian hari.


Kita sering mendengar dalam kehidupan sehari-hari, “ Apalah arti sebuah nama “. Ungkapan tersebut sering kita dengar, namun bagi kaum muslim pemberian nama bagi sang bayi merupakan hal yang penting, sebagaimana Ibnu Umar Rahimahullah ta’ala meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

“ Sesungguhnya , nama-nama yang paling dicintai Allah SWT adalah Abdullah dan Abdur- Rahman. “

Dalam hadits lain juga diriwayakan oleh Abu Dawud bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda :

“ Berilah nama anakmu dengan nama-nama para Anbiya ( Nabi). Dan sesungguhnya nama-nama yang paling dicintai Allah SWT adalah Abdullah dan Abdur-Rahman. Dan nama-nama yang menggambarkan kejujuran adalah Haarith dan Hammaam, sementara nama-nama yang paling tidak dianjurkan adalah Harb dan Murrah. “ ( Haarith : petani, Hammaam : cerdas, Harb : perang dan Murrah : pahit )

Dan begitu pentingnya memberi nama baik, dapat kita hayati dalam hadits berikut :

“ Pada Hari Kiamat kelak, kamu akan dipanggil dengan namamu dan nama ayahmu. Oleh karena itu, berilah nama yang baik. “ ( HR Abu Dawud ).

Hadits yang lain berbunyi :

“ Dari rahim siapapun seorang bayi dilahirkan, dia harus diberi nama yang baik dan pendidikan yang memadai. Dan ketika dia sudah mencapai umur matang, dia harus menikah.”

Aspek lain dalam nama seseorang adalah bahwa pemilihan sebuah nama mencerminkan agama yang dianut oleh anak yang bersangkutan. Oleh karena itu, nama-nama anak Muslim tentu saja mencerminkan agama Islam yang mereka yakini dan anut sehingga orang-orang yang mendengarnya bisa dengan mudah dan cepat menebak agama anak atau orang yang bersangkutan.

( Sumber : Nama-nama Bayi Islam, M.Fathur Rahman – Mutiah Farida )


BACA ARTIKEL :

FAKTOR-FAKTOR PERKEMBANGAN BAYI
TIPS MEMANDIKAN BAYI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut