[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Rabu, 04 November 2009

APA ITU BORAKS DAN ASAM BORAT


APA ITU BORAKS DAN ASAM BORAT

Kita pasti sering mendengar bahwa orang sering menyebut Boraks dan Asam Borat . Dan di berita baik Surat khabar maupun Televisi kita mendapat berita bahwa makanan merek A mengandung Boraks. Dan ada razia dari Balai Besar Pengawas Obat Dan Makanan terhadap peredaran makanan di sejumlah toko dan warung yang mengandung Boraks.


Apa sebenarnya Boraks dan Asam Borat itu, sampai pihak berwenang mengontrol penggunaan Boraks tersebut. Di postingan ini akan dijelaskan pengertian, bahaya dan pengaruhnya terhadap kesehatan kita.

Adapun pengertian Boraks adalah Serbuk kristal putih, tidak berbau, larut dalam air, tidak larut dalam alkohol, PH 9,5 . Boraks memiliki sejumlah nama lain seperti : SODIUM BORATE dan BORON SODIUM OKSIDA. Di pasar Boraks dikenal juga dengan nama “ BLENG “ .

Boraks biasanya digunakan untuk pengawet kayu, antiseptik kayu dan pengontrol kecoak. Dan Boraks sering digunakan pada makanan seperti bakso, gorengan dan asinan ikan . Jika kita memakan makanan yang mengandung Boraks tersebut bisa membahayakan kesehatan kita yang mana diserap melalui usus, kulit yang rusak dan selaput lendir. Bahaya yang timbul lainnya adalah Efek toksik yang timbul secara kumulatif selama penggunaan berulang-ulang.


Pengaruh yang dapat kita lihat terhadap kesehatan apabila manusia mengkosumsi makanan yang menganduk Boraks ini adalah :

a). Tanda dan gejala akut
* Muntah
* Diare
* Merah dilendir
* Konvulsi
* Depresi SSP

b). Tanda dan Gejala Kronis
* Nafsu makan menurun
* Gangguan pencernaan
* Gangguan SSP : bingung, kejang dan bodoh
* Anemia
* Rambut rontok
* Kanker ( diperkirakan )

Nah bagi kita masyarakat harus peduli terhadap makanan yang kita makan dan makanan anak-anak kita. Apabila menemukan hal tersebut segera laporkan kepada pihak yang berwenang khususnya pihak BPOM di Unit Layanan Pengaduan Konsumen.


BACA JUGA ARTIKEL :

FAKTOR PERKEMBANGAN BAYI
KIAT MENINGKATKAN KUALITAS HUBUNGAN SEKSUAL
TIPS MEMANDIKAN BAYI





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut