[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Jumat, 04 September 2009

PROFESIONALKAH ANDA ?


PROFESIONALKAH ANDA ?

Dalam aktivitas sehari-hari Anda sudah sering mengucapkan dan mendengarkan kata profesional. Kata profesional sering diungkapkan apabila seseorang tidak “ becus “ dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya. Apabila Anda tidak puas akan pekerjaan seseorang Anda mengatakan, “ Anda tidak profesional !! “ .


Sebenarnya apa itu Profesional ? Pengertian kata profesional itu sering digunakan dalam ruang lingkup pekerjaan. Menurut Wikipedia, Profesional itu adalah seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

Yang menjadi pertanyaan bagi kita apabila dilihat dari pengertian menurut Wikipedia bahwa seorang profesional menerima gaji sebagai upah atas jasanya, apakah orang melakukan tugas sosial yang tidak menerima gaji tidak dianggap sebagai seorang profesional ?

Wah makin membingungkan saja ya ? Memang pengertian profesional bagi setiap orang berbeda-beda, dalam dunia kerja kita sering menyebut seorang profesional itu seperti dokter, pengacara, akuntan atau orang yang ahli.

Dan pertanyaan yang kedua, apa kriteria seseorang itu disebut profesional ? Apakah seorang yang mempunyai knowledge, skill, expert itu seorang profesional ? Saya pikir tidak juga, sebab Anda pasti pernah mengatakan Anda tidak profesional terhadap seseorang yang mempunyai knowledge, skill, expert tersebut.

Pengertian profesional menurut saya pribadi lebih diarahkan masalah “ attitude “ ( sikap / tingkah laku ) seserorang dalam melaksanakan tugas atau pekejaannya. Bagaimana seseorang yang memiliki knowledge, skill sesuai kapasitas kerjanya dapat memberikan pelayanan dan kepuasan berupa hasil positif terhadap orang lain tanpa memandang apakah dia digaji atau tidak.

Baiklah, daripada kita pusing-pusing mencari pengertian Profesional, sekarang saya mengajak Anda untuk menjawab Quiz tentang profesional. Berhubung Quiz ini filenya dalam bentuk powerpoint slide, saya pikir Anda tidak keberatan mendownload disini.


BACA JUGA ARTIKEL :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut