[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Senin, 03 Mei 2010

FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KARIR


FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT KARIR


Beberapa sikap dan sifat yang perlu Anda perhatikan dan perlu ditangani dengan serius karena sangat menghambat perkembangan karir adalah sebagai berikut :


• ALERGI DENGAN KRITIK

Sikap Anda yang cepat merasa tersinggung dan sakit hati setiap ada kritikan dialamatkan kepada Anda, menjadikan Anda sebagai orang yang akan dijahil dan dikucilkan. Biasanya sifata seperti ini melekat pada orang yang menganggap pendapatnya adalah yang benar, orang lain salah.


• TIDAK SPORTIF

Setiap ada kesalahan yang melibatkan Anda atau tim, Anda selalu membela diri dan cari-cari kesalahan orang lain. Anda cendrung “cuci tangan” dan menimpakan kesalahan pada rekan yang lain. Seharusnya, bersikaplah kesatria dengan meminta maaf jika bersalah. Kalau atasan atau rekan menegur karena Anda keliru, terima dengan lapang dada.


• HITUNG-HITUNGAN

Anda selalu mau bekerja atau menerima tugas sesuai dengan porsi ( biasanya Anda membuat perhitungan sendiri seberapa besar kontribusi yang Anda berikan disesuaikan dengan besarnya bayaran yang Anda terima. Begitu menerima tugas yang agak berat, lebih banyak, atau sedikit meleset dari ‘job desc’, maka Anda langsung cemberut. Seharusnya Anda melihat itu suatu bentuk kepercayaan kepada Anda bahwa Anda bisa dan siap diandalkan disaat-saat diperlukan. Karena itu, berpikirlah positif, anggaplah tugas itu sebagai pembelajaran untuk memperkaya pengalaman Anda, dan suatu kesempatan pembuktian diri.


• TIDAK MENGHARGAI WAKTU

Anda selalu terlambat dalam hal apapun, entah itu meeting, menepati janji, datang kekantor, menyelesaikan tugas, atau deadline yang sudah disepakati. Keterlambatan Anda menyebabkan pekerjaan lain juga terhambat, orang lain juga terganggu jadwalnya, dan tentu saja kinerja secara keseluruhan di perusahaan Anda ikut berpengaruh. Anda dicap sebagai tukang telat. Karena itu, perbaiki kebiasaan tak sehat ini.


• KERJA SERABUTAN

Ini berkaitan dengan konsep dan manjemen kerja. Bila Anda bekerja tanpa perencanaan yang matang, perhitungan yang masuk akal, dan strategi pencapaian yang jitu, maka bisa dipastikan hasilnya juga tidak maksimal. Karena itu sangat penting mencatat semua hal dibuku atau catatan agenda Anda, terutama berkaitan dengan pekerjaan yang sedang Anda geluti.

Catat di agenda Anda atau buat semacam ‘to do list’, berupa hal-hal yang hendak dikerjakan untuk hal ini, misalnya. Buat pengerjaan tugas berdasarkan skala prioritas. Tugas yang sudah dikerjakan dikasih tanda contreng. Dengan demikian Anda akan bekerja sesuai dengan perencanaan yang sudah Anda buat dan sedikit kemungkinan akan melewatkan detil-detil penting. Jika Anda bekerja sesuai dengan skedul, dan Anda benar-benar taat pada agenda itu, niscaya Anda juga akan cepat berkembang.


BACA JUGA ARTIKEL :

TIPS WAWANCARA PEKERJAAN
CARA CEPAT DIPANGGIL KERJA
EMAIL MOTIVASI DARI ANDRIE WONGSO
DICARI ORANG KREATIF
PROFESIONALKAH ANDA ?



4 komentar:

seo in blog mengatakan...

emang hal2 diatas adalah yang paling dasar
tapi kadang kita tidak pernah memperhatikannya

digituck mengatakan...

hal tersebut benar menghambat karir kita, hayooo kita hindari hal buruk tersebut ,, agar karir kedepan makin ploooong n sukses :)

Immo mengatakan...

Pada point Hitung-hitungan sebenarnya saya setuju sekali. Tetapi terkadang sering disalah gunakan oleh atasan. Saya rasa akan lebih baik apabila kedua belah pihak benar" memikirkan hak dan kewajiban masing" dan simbiosis mutualisme akan terjalin dengan baik.

nuansa pena mengatakan...

Masukan yang bagus!

Ada tag untuk anda, bila sudah dapat abaikan saja dan bila belum mohon dikerjakan dan digulirkan ke sahabat lainnya, trims!

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut