[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Rabu, 19 Mei 2010

KESEIMBANGAN MEMORI DALAM BERBISNIS


KESEIMBANGAN MEMORI DALAM BERBISNIS

Me = Mental
Mo = Modal
Ri = Risiko


Sering kita mendengar atau membaca pertanyaan, sudah bosan jadi karyawan ? Pertanyaan tersebut mungkin anda dengar pada saat mengikuti pelatihan wira usaha atau membaca majalah tentang kewirausahaan. Pada postingan ini GOLDEN INFO mendapat inspirasi dari suatu stasiun televisi nasional yang menayangkan tentang pengusaha yang cukup sukses dalam berbisnis yakni peternak bebek. Sang pengusaha menjelaskan bahwa dia bisa berhasil karena menjaga keseimbangan “ MEMORI “ dalam bisnis bebeknya. “ MEMORI “ tersebut singkatan Me = Mental , Mo = Modal , Ri = Risiko. Nah bagi pembaca GOLDEN INFO yang sudah bosan menjadi pegawai atau orang gajian dan mau hijrah kedunia usaha bisa memahami keseimbangan ‘Memori “ dalam memulai usaha.

MENTAL

Sebelum kita melaksanakan usaha, hal atau faktor pertama yang harus kita persiapkan adalah Mental. Kenapa harus mental, sebab usaha yang telah atau yang akan kita jalankan disuatu saat akan mengalami kendala (rintangan ) yang cukup serius dan mungkin sangat bertentangan dengan cita-cita / angan-angan sewaktu kita akan memulai usaha. Rintangan yang akan kita alami bisa secara psikologis dari diri kita sendiri, karena ada cemooh atau ejekan dari tetangga atau keluarga seperti usaha apaan tuch, kok buka usaha itu atau Jangan buka usaha itu ntar modal usaha lou ludes dan lou akan rugi.

Dan pegangan bagi kita adalah prinsip bahwa hidup didunia ini ada pengorbanan dan sudah ada garis tangan dari Tuhan. Maka kokohkan Mental Anda sebelum memulai usaha. Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.

MODAL

Setiap kita pasti mengartikan modal disini dari sisi keuangan, benar itu salah satu faktor keberhasilan untuk memulai suatu usaha. Namun yang paling penting adalah modal diri ( motivasi), modal kesiapan, modal pemahaman, modal skill dan segi management yang lainnya.Dan disarankan mulailah dengan modal seadanya jangan terlalu muluk-muluk terlebih dahulu. Dengan berjalannya waktu kita bisa mendapatkan modal khususnya uang dengan jalan pinjaman kredit apabila usaha kita sudah berjalan. Banyak sekali sumber keuangan bisa kita dapatkan , seperti dari Bank atau pinjam ke teman dan lain sebagainya. ( Baca : Kiat Dapat Dana Usaha )


RISIKO

Bagi yang berjiwa enterpreneur pasti memiliki prinsip berani bertindak, berani mengambil resiko. Resiko bisa kita antisipasi atau kita minimalisirkan apabila kita sudah mempersiapkan Mental dan modal dengan baik. Apabila Anda takut mendapatkan atau mengalami resiko usaha seperti rugi atau bangkrut, maka peluang Anda untuk maju dan sukses dalam hidup ini tidak akan terjadi dan Anda menutup kehidupan Anda sendiri.

Mari kita mula jiwa “ ENTERPRENEUR “ dengan memegang Keseimbangan ‘MEMORI”, mana tahu anda Enterpreneur muda yang sukses setelah Anda membaca postingan ini dan melaksanaknnya. Salam sukses untuk kita semua.


BACA ARTIKEL :





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut