[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Minggu, 27 Desember 2009

ILMU SEMUT


ILMU SEMUT


Menjelang tutup tahun baru Masehi dan Menyambut bulan pertama tahun baru Islam, Hijrah, sudah seharusnya masing-masing kita melihat kedalam diri kita masing-masing. Apakah selama satu tahun ini kita sudah menjalani sesuai dengan rencana kita dan perintah Tuhan. Mari kita bercermin kembali apa yang telah kita lakukan dan perbuat.


Ada banyak cara kita belajar dari kesalahan atau memotivasi diri untuk maju kearah yang lebih baik dan positif dimasa yang akan datang. Salah satu cara itu adalah mempelajari ilmu semut. Sudah barang tentu kita sudah tahu dan kenal binatang kecil tersebut. Apa sich kelebihan atau sisi postitif yang dapat kita contoh atau ambil dari seekor hewan yang kecil dan lemah tersebut ?

Adapun ilmu semut yang dapat kita contoh adalah :

  1. SABAR
Dengan tubuh yang kecil tidak bisa kita bayangkan si semut bisa membawa makanan atau barang besarnya dua kali badannya, namun dengan kesabaran si semut bisa membawa sampai ke rumah atau markasnya. Dan dengan kesabarannya pula sisemut bisa membuat gundukan pasir yang tinggi sebagai tempat sarangnya.

2. SILAHTURAHMI / BERSALAMAN


Anda pasti sering melihat tingkah laku semut, bila mereka berpas-pasan / bertemu dengan semut yang lain, mereka pasti berdekatan saling bersalaman. Begitu kuatnya silahturahmi mereka sehingga persatuan sesama semut begitu kuat. Bisa kita lihat apabila Anda menginjak mereka , pasti mereka rame-rame menggigit Anda, benar khan ?

3. JIWA GOTONG ROYONG

Sangat sulit kita lihat sekarang di masyarkat jiwa gotong royong ini dilaksanakan khususnya dikota-kota besar. Diantara kita hanya mementingkan ego masing-masing untuk kepentingan pribadi kita. Dengan jiwa gotong royong ini si semut bisa membangun sarang mereka dari pasir dengan onggokan yang tinggi dengan waktu yang relatif singkat, coba bayangkan dengan badan yang kecil hanya seorang diri membangun sarangnya, bisa juga terbentuk namun waktunya sangat lama.


Demikian ilmu semut yang dapat kita ambil, apakah Anda kalah dengan semut ?


BACA ARTIKEL :




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut