[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Jumat, 21 Agustus 2009

7 LANGKAH BISNIS RUMAHAN


7 LANGKAH MEMULAI BISNIS RUMAHAN

Bisnis rumahan awalnya adalah sebuah sambilan. Dan tak jarang bisnis ini menjadi sebuah pekerjaan utama bagi sebagian orang. Sebagai sebuah pekerjaan utama dan dikelola secara serius, bisnis rumahan bisa berkembang jadi sebuah industri yang bisa menghidupi orang banyak.

Disini akan dijelaskan 7 langkah memulai bisnis rumahan :

1. Libatkan Keluarga dalam Perencanaan Bisnis

Karena rumah akan menjadi basis bisnis, libatkan anggota keluarga sejak awal. Harus ada pemeisahan abtara ruang usaha dengan aktivitas rumah. Apbila tidak memungkinkan hal tersebut, rencana harus tetap jalan. Bila ada anggota keluarga yang tidak seyuju, ia harus diberi pengertian mengapa Anda menjalankan bisnis dirumah. Anda sebaiknya meminta pendapat dari seluruh penghuni rumah mengenai produk atau jasa yang akan ditawarkan.

2. Pastikan segalanya telah siap sebelum memulai usaha.

Setipa bisnis pasti memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, seperti modal kerja, bahan baku, tenaga kerja, alat-alat, dll. Bila perlu ada izin tetangga, izin departemen perdagangan, depertemen kesehatan ( untuk makanan & minuman), pastikan semua izin telah diperoleh secara tertulis.

3. Tekan Biaya Seminimal mungkin.

Kuncinya adalah tidak semua peralatan kerja dan sarananya harus baru. Gunakan seluruh peralatan dan sumber daya yang dimiliki. Bila perlu membuat sendiri atau meminta bantuan orang untuk membuat modifikasi peralatan tersebut. Intinya , maksimalisasi penggunaan seluruh sumber daya yang kita miliki.

4. Tahu secara mendalam mengenai produk atau jasa yang akan dijual.

Anda harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk / jasa yang akan dijual, mulai dari cara pembuatan, komposisi bahan, produk pesaing, siklus harga, dll. Bagaimanapun kondisi persaingan wajib dipelajari dan dipetakan dengan baik.

5. Perlakukan semua Konsumen dengan standar yang baik.

Bersikap ramah kepada seluruh calon pembeli adalah yang terbaik yang bisa kita lakukan.Kesan pertama yang baik adalah pelayanan yang baik.


6. Harga Jual yang masuk akal sesuai dengan target konsumen.

Penentuan harga jual menjadi keputusan yang sangat pelik. Jika belum berpengalaman, yang paling mudah adalah melihat harga pesaing sejenis yang memilki ciri hampir sama.

7. Selalu dengan Perubahan.

Selalu waspada dan mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi. Perubahan terus terjadi dalam setiap waktu. Anda harus memperbaiki kualitas produk dan sisi lain terus mencoba berproduksi lebih efisien.


Setelah Anda membaca artikel ini diharapkan tumbuh motivasi untuk menjadi enterpreneur dan mengubah sikap jadi orang gajian seumur hidup.

( Sumber : Majalah DUIT ! , Juni2008 )


BACA ARTIKEL BERIKUT :

CITA RASA GREEN SMOKE
SITUS PENGHASIL DOLLAR
FORMULA BISNIS MENURUT GOLDEN INFO

1 komentar:

bisnis rumahan mengatakan...

Sebuah langkah-langkah yang sangat tepat, cukup simple tapi sangat tepat sasaran :-)
Sukses bro...

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut