[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Sabtu, 01 Agustus 2009

SEJARAH GOOGLE


SEKILAS SEJARAH GOOGLE

Jika Anada adalah seorang pengguna internet dan sering browsing, Google ( www.google.com atau www.google.co.id ) pastilah bukan hal yang baru bagi Anda. Namun, bagi Anda yang barangkali belum mengenalnya, sedikit informasi bahwa Google adalah sebuah mesin pencari data atau informasi yang kita butuhkan ( lebih dikenal sebuatan search engine ).



Searh engine memiliki database index yang disusun dari hasil pencarian yang dilakukan oleh suatu program komputer ( wanderer, crawler, robot, worm, spider ) terhadap situs-situs yang berhasil dilacak di internet. Biasanya bisa berupa berupa judul, text, URL, dan sebagainya.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai search engine service atau search service, search engine memiliki tiga komponen penting yang saling berkaitan, yaitu Spider ( program yang menjelajahi web dari suatu link ke link yang lain, mengidentifikasi, dan membaca halaman-halaman yang ada ), Index ( database yang berisi hasil pencarian atau salinan dari halaman web yang berhasil dikumpulkan oleh spider ) dan search engine mechanism ( software atau perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mencari atau menggunakan index yang ada ).

Google didirikan oleh dua mahasiswa Ph.D. dari Standford, Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Google adalah plesetan dari kata ' googol ', yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner, untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol dibelakangnya. Google memakai kata ini dalam menjelaskan misi perusahaan untuk mengorganisai sedemikian banyaknya informasi yang tersedia di dunia maya dan dunia nyata.

Pada awalnya, search engine yang mereka buat bernama " BackRub" yang ditempatkan di website Universitas Standford dengan alamat google, standford.edu . Domain google.com sendiri baru didaftarkan pada tanggal 15 September 1997.

Bermodal patungan 1 juta dollar, Google resmi menjadi perusahaan di sebuah garasi rumah di Menio Park, California, dengan nama "Google Inc", pada 7 September 1988. Setelah sempat pindah kantor di Palo Alto, Google Inc sampai sekarang menepati bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View.

Apa yang menarik dari Google ? Ada banyak hal tertentu saja. Namun, satu hal yang cukup menarik adalah adanya aturan bahwa semua software engineer harus menggunakan setidaknya 20% waktu mereka - kira-kira sama dengan sehari dalam seminggu - untuk mengerjakan proyekapapun yang mereka minati. Google bisa jadi menyadari bahwa dengan memiliki karyawan yang cerdas dan kreatif, bukan tidak mungkin mereka memiliki proyek ' sambilan ' .

Aturan 20% ini merupakan cara untuk mendorong inovasi yang bagi Brin maupun Page memandangnya sebagai sesuatu yang penting dalam rangka membangun dan mempertahankan kultur yang benar, menciptakan tempat yang membuat orang-orang cerdas mau bekerja,dan termotivasi untuk melahirkan gagasan-gagasan terobosan. Hasilnya, banyak terobosan baru Google justru lahir dari penerapan aturan 20 % ini. Proyek yang dianggap layak untuk diteruskan akan dibiayai sepenuhnya oleh Google.


( Sumber : Buku " Langkah Mudah Meraup Dolar Lewat Internet " karangan, Taufik Hidayat )


BACA JUGA ARTIKEL :





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut