[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Minggu, 21 Februari 2010

TIPS TETAP POSITIF SAAT MENGANGGUR


TIPS TETAP POSITIF SAAT MENGANGGUR

Menjadi pengangguran memang tidak mudah, apalagi di masa ekonomi sulit seperti sekarang ini. Berbagai permasalahan menghadang dari keuangan hingga hubungan sosial. Jika tidak pandai mengelola emosi selama menganggur, bukan tidak mungkin seseorang kehilangan semangat hidupnya.


Sebuah studi di Rutgers University menemukan bahwa mayoritas penduduk Amerika Serikat yang menjadi pengangguran mengalami rasa cemas dan depresi. Adapun tips untuk mencaga semangat tetap menyala selama melewati masa-masa sulit tersebut, yakni :

1. Menjaga Fisik dan Emosi
Selama masih bekerja, Anda mungkin menghabiskan begitu banyak waktu duduk didepan layar komputer. Kini, sudah waktunya menyisihkan waktu untuk lebih memperhatikan kesehatan fisik dan emosional Anda. Kathy Robinson, konsultan karier dan bisnis, menganjurkan untuk menggunakan periode ini guna membangun kebiasaan yang lebih sehat.

Sejumlah perubahan sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menambah jam tidur atau berjalan kaki selama 20 menit setiap pagi, dapat membantu memperbaiki suasana hati dan level energi. “ Masalah finasial dan emosional yang dirasakan ketika menganggur bisa menyebabkan stres tingkat tinggi. Oleh karena itu, aktivitas apapun yang berhubungan dengan kesehatan bisa mengurangi stres akibat mencari pekerjaan.”

2. Menjaga Minat
Selama ini Anda barangkali memiliki hasrat tersembunyi yang terpaksa ditekan karena kesibukan pekerjaan. Misalnya hasrat untuk belajar piano atau membuat film dokumenter. Apa pun hasrat tersebut, sekaranglah waktu yang paling sempurna untuk mewujudkkannya. Berikan diri Anda kesempatan mengejar sesuatu yang selama ini selalu diimpi-impikan. Siapa tahu minat Anda itu menjadi peluang baru sebagai bidang karier.

3. Aksi Sosial
Menjadi sukarelawan bisa membantu Anda mengabaikan ketidakberuntungan yang terjadi dan bersyukur atas segala hal yang dimiliki. Dedikasikan sebagian waktu Anda setiap minggu untuk bekerja di lembaga nonprofit.Selain mampu memberikan makna hidup, aktivitas tersebut juga bisa membantu Anda memperluas jaringan dan membangun keahlian baru. Menurut Cheryl Palmer, pelatih karier eksekutif bersertifikasi, menjadi sukarelawan memungkinkan calon majikan potensial mengobservasi etika bekerja Anda secara realitas.

4. Memaksakan diri
Dalam dunia kerja saat ini, memiliki gelar akademis saja tidak menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan yang bagus. Seiring kompetisi yang kian ketat dibursa kerja, para pencari kerja harus berusaha lebih keras untuk mendapatkan perhatian calon majikan potensial.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal apa yang membuat Anda berbeda dari orang lain dalam bidang yang sama, dan apa kekuarangan Anda. Jika Anda menemukan diri kurang mampu bersaing di bursa kerja, periode menganggur seperti sekarang bisa digunakan untuk mengasah bakat guna menarik minat calon tempat kerja Anda nantinya.

5. Mencari dukungan
“ Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang peduli menjadi sangat penting untuk membantu membangun rasa percaya diri Anda”, ujar Solovic. Oleh karena itu, tidak ada salahnya berinvestasi kedalam persahabatan untuk membantu melewati masa sulit ini. Tidak ada obat yang lebih mujarab selain mendapatkan dukungan dari sejumlah teman terdekat Anda.


( Sumber : RIAU MANDIRI )


BACA JUGA ARTIKEL :

TIPS INTERVIEW KERJA

CARA CEPAT DIPANGGIL KERJA

TIPS LEPAS DARI KRISIS

TIPS KENDALIKAN KONFLIK





2 komentar:

Rinda mengatakan...

Bagus banget nie mas tip2nya..mudah2an aja abis lulus nnti gampang dapet kerja aq..^_^

secangkir teh dan sekera roti mengatakan...

bagus sekali motivasinya nih... :)

Posting Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut