[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Kamis, 18 Februari 2010

8 KIAT JAUHI HUTANG DI TAHUN MACAN


8 KIAT JAUHI HUTANG DI TAHUN MACAN

Tahun 2010 merupakan tahun Macan Logam. Meski dikenal dengan keberaniannya, macan cendrung bertindak dengan dorongan hati dan tanpa pikir panjang. Bagaimana dengan Hutang ?

Keberanian memang dibutuhkan, khususnya dalam dunia yang sangat menantang seperti sekarang ini. Namun, keberanian disertai kebijaksanaan lebih berarti dari sekedar keberanian tanpa mempertimbangkan siatuasi dan kondisi.

Dari sudut pandang keuangan, keberanian mengelola keuangan sangat diperlukan, baik melalui tabungan maupun investasi. Namun, pada saat yang sama, kebijaksanaan keuangan tetap diperlukan khususnya dalam mengelola Hutang.

Salah satu bentuk Huang yang paling umum adalah melalui kartu kredit. Jika memiliki kebiasaan menunda pembayaran kartu kredit dan tidak membayar keseluruhan tagihan, Anda tidak sendirian.

Berikut 8 tips untuk menjauhi Hutang dan memanfaatkan kartu kredit dengan bijak :

1. Buatlah Anggaran, catatlah pengeluaran yang ingin dibayarkan melalui kartu kredit selama sebulan seperti makan direstoran, belanja kebutuhan dapur, bensin, dll. Ketahuilah jumlah yang akan ditagihkan ke kartu kredit. Awasi pengeluaran dan pastikan tidak melebihi dana yang dianggarkan.

2. Tentukan Batas Pengeluaran Bulanan. Disiplinkan dalam penggunaan kartu kredit perbulan. Hindari pengeluaran yang mendekati kredit limit, selalu sisakan untuk kebutuhan darurat.

3. Hindari Belanja Impulsif. Tipe ini cocok untuk Wanita, karena umumnya wanita lebih impulsif dalam belanja dibanding Pria. Jangan gunakan kartu kredit untuk berbelanja sesuatu yang tidak direncanakan. Belanjalah layaknya membawa uang tunai.

4. Bayar Tepat Waktu 5 – 7 hari sebelum jatuh tempo sehingga tidak terkena denda maupun bunga. Akan lebih baik lagi jika tagihan Anda dibayar penuh setiap bulannya. Sebaiknya lakukan pemabyaran reguler bulanan dengan direct debit ataupun giro. Hal ini akan memperbaiki rekam jejak Anda di Bank maupun Sistem Informasi Debitur.

5. Manfaatkan Tenggang Waktu Bebas Bunga. Ini adalah waktu yang diberikan penerbit kartu kredit pada nasabahnya untuk mebayar kartu kredit tanpa terkena bunga. Biasanya 20 – 25 hari, namun hal ini hanya berlaku jika tagihan sebelumnya telah lunas.

6. Bayar Lebih dari Batas Minimum.Biasakan membayar lebih dari batas minimum ( 10% ). Jika menerima bonus, gunakan dana tersebut untuk melunasi tagihan sehingga lebih cepat terbebas dari Hutang.

7. Ingat ! Ini Bukan Uang Anda. Uang yang Anda gunakan pada dasarnya adalah uang bank, bukan uang Anda. Guankan untuk kebutuhan Anda sehari-hari, tetapi jangan menganggap atau menyalahgunakannya sebagai pendapatan extra.

8. Kendalikan diri. Menggunakan kartu kredit membutuhkan tanggungj awab dan pengendalian diri. Jika memiliki keterbatasan membayar tagihan, tidak ada salahnya kembali ke uang tunai sebagai metode pembayaran untuk memperoleh kedisiplinan dalam pengeluaran sehari-hari.


Selamat Mencoba ! Dan jadilah Macan yang bijaksana !


( Sumber : RIAU MANDIRI )


BACA JUGA ARTIKEL :





1 komentar:

akhatam mengatakan...

Info mantap sob... salam kenal ajah yaw..

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut