[close]

SELAMAT DATANG DI BLOG GOLDEN INFO

Blog ini dibuat untuk memberikan informasi kepada pengunjung blog "GOLDEN INFO"

Jumat, 03 September 2010

WATAK PEMIMPIN YANG BAIK


WATAK PEMIMPIN YANG BAIK

Dalam Kitab Mahabrata diceritakan sewaktu Sri Rama menobatkan Wibisono menjadi raja Alengka, ia memberikan ajaran “ Hasta Brata” yaitu 8 petunjuk seorang raja ( Pemimpin yang baik seorang pemimpin harus memiliki 8 watak yang menjiwai semangat membangun.


BUMI :
Bumi berwatak kuat, adil dan tidak membeda-bedakan. Bumi adalah tidak pernah mengeluh dari perbuatan siapapun terhadapnya. Segala yang ditanam di Bumi akan tumbuh. Jagung ditanam akan tumbuh jagung.

BANYU ( Air ) :
Air senantiasa mengalir kebawah dan merata. Air sumber penghidupan manusia, seorang pemimpin harus mau bergaul dengan masyarakat bawahannya, harus berani turun kebawah.

GENI ( Api ) :
Api, apabila kecil menjadi teman dan dibutuhkan oleh semua manusia, akan tetapi kalau besar akan melalap segala yang tidak sesuai dengan norma kehidupan tanpa memandang kepada siapapun. Pemimpin harus berani menjatuhkan hukuman kepada para pelanggar hukum.

BAYU ( Angin ) :
Angin berwatak menyejukkan hati umat manusia dan segala kehidupan. Seorang pemimpin harus mengambil watak angin, yaitu menentramkan dan menyejukkan hati dan perasaan dari yang dipimpin.

SURYA ( Matahari ) :
Matahari memberikan kehidupan dan kekuatan seluruh isi alam semesta. Oleh karena itu seorang pemimpin harus mampu mengisi semangat bawahannya untuk berjuang dan bekerja keras guna mencapai cita-cita bersama.

CANDRA ( Bulan ) :
Bulan memberikan penerangan dalam kegelapan. Dimalam hari alam semesta menjadi terang karena sinarnya bulan. Seorang pemimpin harus mampu menghilangkan kegelapan yang dihadapi bawahannya.

KARTIKA ( Bintang ) :
Seorang pemimpin harus dijadikan patokan bagi bawahannya. Dengan demikian bawahan / staf akan memiliki pegangan dan petunjuk arah yang tidak berubah.

SAMUDERA ( Laut ) :
Samudera adalah luas, mampu dan mau menampung apa saja yang masuk ke samudra. Seorang pemimpin harus dapat menampung pendapat anak buahnya atau dari manapun. Berpengetahuan dan berpandangan luas. Tidak cepat marah dan dengan senang hati member maaf kepada bawahannya yang salah. Tidak pilih kasih dan selalu ramah kepada siapa saja.

READ THIS ARTICLE :



1 komentar:

Ka Damar mengatakan...

berkunjung, blognya keren

Poskan Komentar

Subscribe to updates

Mengenai Saya

Foto saya
Saya tamatan Universitas Andalas - Padang Angkatan 1990, Jurusan Akuntansi. SMA 6 Pekanbaru angkatan 1987.

Pengikut